Thursday, September 3, 2015

Sinopsis Preman Pensiun Season 2

Preman Pensiun Season 2
Preman Pensiun Season 2

Jika pada "Preman Pensiun" season 1 topik utama yang diangkat adalah tentang kisah seorang ketua kelompok preman yang karena ingin lebih dekat dengan keluarganya (yang terdiri dari seorang istri yang sakit-sakitan dan tiga orang anak perempuan yang telah dewasa) memilih meninggalkan dunia usaha jasa keamanan yang dikelolanya dan mewariskannya pada orang kepercayaannya, maka pada season 2, "Preman Pensiun" lebih berfokus pada bagaimana sang pewaris menjaga keutuhan dan kekompakan kelompok yang dipimpinnya.

Adalah Jamal sang koordinator jalanan, yang pernah dibiarkan tertangkap polisi oleh Kang Mus, yang merasa sakit hati atas hal tersebut dan ingin balas dendam dengan mengacaukan kekompakan kelompok preman tersebut untuk kemudian berusaha menguasainya. Ia berusaha mengacaukan pendekatan Dikdik, yang oleh Kang Mus dipercaya menjadi koordinator seluruh preman, ke Imas pembantu rumah tangga keluarga Bahar. Jamal melalui perempuan multi talenta dan multi nama Yuyun (dan seabreg nama samaran lainnya) mempengaruhi Amin sopir keluarga Bahar sehingga sang sopir percaya bahwa Dikdik mendekati Imas karena ia ingin masuk ke "ring 1" keluarga Bahar. Imas dan Amin oleh kelompok preman tersebut memang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga Bahar karena mereka sehari-hari berhubungan langsung dengan Bahar dan keluarganya. Jamal juga mengadu domba para mantan preman maupun preman aktif anggota kelompok tersebut dengan Kang Mus sehingga muncul desas-desus di antara mereka bahwa Kang Mus tidak mau tahu tentang keadaan dan kesulitan mereka. Untuk mendukung tujuannya, Jamal merekrut seorang jagoan duel yang sering ditugasi mencederai anak buah Kang Mus.

Imas dan Dikdik dalam Preman Pensiun Season 2
Imas dan Dikdik dalam Preman Pensiun Season 2


Kisah perseteruan antara Kang Mus dan Jamal dalam "Preman Pensiun" season 2 ini mendapat kejutan tak terduga di tengah jalan. Bahar, sang legenda dan yang dituakan dalam dunia perpremanan Bandung, meninggal. Dalam kesedihannya atas meninggalnya Bahar, Kang Mus harus tetap menjaga keutuhan dan profesionalitas kelompok preman yang dipercayakan padanya oleh Bahar sekaligus melayani anak-anak Bahar yang kehilangan ayah mereka.

Adalah Kinanti anak bungsu Kang Bahar yang ingin tahu siapa sebenarnya ayahnya, yang sering ia dengar disebut sebagai preman. Ia menyelidiki latar belakang ayahnya dengan menanyai Kang Mus dan orang-orang dekat serta siapapun yang ia tahu kenal dengan ayahnya. Hasil pencariannya ini pelan-pelan mengungkap latar belakang Bahar yang tidak terceritakan dalam "Preman Pensiun" season 1.

Secara keseluruhan, kisah dalam "Preman Pensiun" season 2 lebih kaya dari pada season 1. Kematian Bahar, yang disebabkan meninggalnya Didi Petet pemeran Bahar, secara tak terduga menambah warna yang kuat pada kisah pencarian Kinanti tentang siapa sebenarnya ayahnya. Terlihat warna kerinduan seorang anak terhadap ayahnya dalam pencarian tersebut. Sekali lagi, sutradara dan penulis cerita Aris Nugraha berhasil menjadikan sinetron "Preman Pensiun" sebagai tontonan yang terpuji.


No comments:

Post a Comment